demo

Selayang Pandang Politik Negeriku

Setahuku, Indonesia ini adalah Negara dengan beragam budaya, ras, suku, dan agama. (Aslilah, kayak guru PPKN). Tapi sejak negara api menyerang (korupsi, kolusi, nepotisme) mereka mau menyentil-nyentil kemerdekaan yang sudah diperjuangkan selama ini. Sehingga masyarakat juga mengalami perubahan-perubahan dalam menanggapi gejolak sosial ini. Diantara perilaku yang berubah, bermunculan beberapa hobi baru yang kurang lazim. Beberapa hobi baru yang muncul sekarang ini, antara lain:

1.Bot Sosmed

Sosial media sendiri kita tahu menjadi suatu sarana umum dalam berekspresi (Curhat, berdagang, atau ngalay). Nah, potensi sosial media sebagai alat komunikasi tersebut sekarang dimanfaatkan juga oleh beberapa orang untuk membagikan berita/informasi atas order dari pihak tertentu, menggunakan akun-akun palsu. Tentu saja ada imbalannya. Terlepas dari benar/tidaknya informasi yang terdapat didalamnya, Bot semakin banyak menjamur. Menurut referensi pribadi saya, bot seperti ini hanya menyebarkan yang baik-baik aja sih no SARA. (Ciyus?)

2. Update dan Share Berita Politik

Hobi baru yang satu ini dijamin pasti semua pengguna facebook setuju (Kecuali bot sosmed, LOL). Tiap buka timeline, munculnya status “si A jadi tersangka, si B pencitraan, Si C ngajakin demo lagi”. Hal-hal kayak gini sebenernya wajar-wajar aja sih, cuman sadar gak sih? hobi ini menular dari teman ke teman, udah kayak virus H5N1 (Flu burung, burung yang mana? masih dalam proses penyelidikan. Tapi burung sudah ditetapkan jadi tersangka kok).

3. Demonstrasi

Menurut referensi pribadi saya (supaya kesannya misterius gitu). Hobi adalah sesuatu yang dilakukan dengan adanya usaha meluangkan waktu, tenaga, bahkan biaya, dalam melakukan suatu kegiatan yang disenangi. Nah, kalau begitu demonstrasi juga sudah jadi hobi saat ini. Dalam kurun waktu kurang dari 1 bulan, sudah ada 2 kali demonstrasi besar yang terjadi, sampai menyita waktu, tenaga, dan uang. Biayanya tentu tidak sedikit, pastinya banyak (ya iyalah, LOL). Beberapa diantara peserta pasti ada yang dari kalangan orang menengah kebawah, tapi semangatnya itu loh, beuh bagaikan api yang keluar dari badan Super Saiyan 3 (Dragon ball)!! Jadi agak bingung sih, kan bisa aja dia pakai duitnya buat makan ketimbang harus dipakai buat ongkos, buat beli beras, duit sekolah anak, atau bisa juga sumbangin ke yayasan sosial, kan lebih rasional. bayangkan kalau 1 orang nyumbang 100rb. Bakalan gak terlantar lagi dah anak-anak panti, bahkan mungkin bisa sekolah sampai tamat dan mencetak prestasi bagi bangsa ini. Tapi ya kita kembalikan lagi kepada masing-masing pihak, tidak ada salahnya juga sekali-sekali piknik sambil menyuarakan aspirasi. “Bnuh aok, bnuh aok,…” Disensor KPI (aslilah, kata-kata itu tertanam dikepalaku, dan anak2 lain yang mengenal Facebook ‘n YouTube).

 

Sebenarnya masih banyak sih hobi lain-lain yang muncul di Jaman sekarang, especially tahun 2016 ini. Mungkin kalau ada yang tau hobi apa lagi, bisalah diceritakan dihalaman kalian masing-masing. Sekian dulu Selayang Pandang Politik Negeriku, semoga kita tetap bersaudara.

Kalau ada sumur diladang, boleh kita menumpang mandi.

Kalau ada umurku panjang boleh kita berjumpa lagi.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s