I Like Mango! Yes, but I can’t say it.

November 2016

Ahmad Dhani the famous Indonesian Musician, has joined the protest against Basuki Tjahaja Purnama, the Indonesian’s capital city Governor, Jakarta. As reported by the CNN and other sources, about 200,000 peoples came to jakarta. Ahmad Dhani in his oration saying some indicated blasphemy words against Joko Widodo, The President Of Indonesia. “I want to say PIG, but i am not allowed, I want to say DOG, but i am not allowed”. The statement is not fully wrong. That is true, and i believe everyone is agree about what he has said. But, you know what? Ahmad Dhani really mean it! He wants to say it, and he say it in his oration. You can see the video belows:

 

Indonesia was a beautiful country with a thousand of ethnics that protected under the National Constitution. The President is a part of constitution itself. The President was choosen by the people of Indonesia. Jokowi has won the Presidential election in 2014 with 53,15% vote by the people of Indonesia. Let’s open your mind up. We have chosen to vote for Joko Widodo, and someone just say that we have chosen a PIG? a DOG? is Ahmad Dhani a really perfect person that can think better than 53,15% peoples of Indonesia? Wow! We are so proud about him. Ahmad Dhani not just insulted President Joko Widodo, but he also insulted 53,15% peoples that vote for Joko Widodo.

I knew that it is hard for you Ahmad Dhani to accept the reality that you can’t be a good Politician. Don’t let the hatred controling yourself, it will consume you and you will never have peace in your heart.

 

SO, IF YOU LIKE MANGO, JUST SAY IT! WE’LL TRY TO GET YOU SOME!

but you have to pay for what you’ve said, Ahmad Dhani.

Selayang Pandang Politik Negeriku

Setahuku, Indonesia ini adalah Negara dengan beragam budaya, ras, suku, dan agama. (Aslilah, kayak guru PPKN). Tapi sejak negara api menyerang (korupsi, kolusi, nepotisme) mereka mau menyentil-nyentil kemerdekaan yang sudah diperjuangkan selama ini. Sehingga masyarakat juga mengalami perubahan-perubahan dalam menanggapi gejolak sosial ini. Diantara perilaku yang berubah, bermunculan beberapa hobi baru yang kurang lazim. Beberapa hobi baru yang muncul sekarang ini, antara lain:

1.Bot Sosmed

Sosial media sendiri kita tahu menjadi suatu sarana umum dalam berekspresi (Curhat, berdagang, atau ngalay). Nah, potensi sosial media sebagai alat komunikasi tersebut sekarang dimanfaatkan juga oleh beberapa orang untuk membagikan berita/informasi atas order dari pihak tertentu, menggunakan akun-akun palsu. Tentu saja ada imbalannya. Terlepas dari benar/tidaknya informasi yang terdapat didalamnya, Bot semakin banyak menjamur. Menurut referensi pribadi saya, bot seperti ini hanya menyebarkan yang baik-baik aja sih no SARA. (Ciyus?)

2. Update dan Share Berita Politik

Hobi baru yang satu ini dijamin pasti semua pengguna facebook setuju (Kecuali bot sosmed, LOL). Tiap buka timeline, munculnya status “si A jadi tersangka, si B pencitraan, Si C ngajakin demo lagi”. Hal-hal kayak gini sebenernya wajar-wajar aja sih, cuman sadar gak sih? hobi ini menular dari teman ke teman, udah kayak virus H5N1 (Flu burung, burung yang mana? masih dalam proses penyelidikan. Tapi burung sudah ditetapkan jadi tersangka kok).

3. Demonstrasi

Menurut referensi pribadi saya (supaya kesannya misterius gitu). Hobi adalah sesuatu yang dilakukan dengan adanya usaha meluangkan waktu, tenaga, bahkan biaya, dalam melakukan suatu kegiatan yang disenangi. Nah, kalau begitu demonstrasi juga sudah jadi hobi saat ini. Dalam kurun waktu kurang dari 1 bulan, sudah ada 2 kali demonstrasi besar yang terjadi, sampai menyita waktu, tenaga, dan uang. Biayanya tentu tidak sedikit, pastinya banyak (ya iyalah, LOL). Beberapa diantara peserta pasti ada yang dari kalangan orang menengah kebawah, tapi semangatnya itu loh, beuh bagaikan api yang keluar dari badan Super Saiyan 3 (Dragon ball)!! Jadi agak bingung sih, kan bisa aja dia pakai duitnya buat makan ketimbang harus dipakai buat ongkos, buat beli beras, duit sekolah anak, atau bisa juga sumbangin ke yayasan sosial, kan lebih rasional. bayangkan kalau 1 orang nyumbang 100rb. Bakalan gak terlantar lagi dah anak-anak panti, bahkan mungkin bisa sekolah sampai tamat dan mencetak prestasi bagi bangsa ini. Tapi ya kita kembalikan lagi kepada masing-masing pihak, tidak ada salahnya juga sekali-sekali piknik sambil menyuarakan aspirasi. “Bnuh aok, bnuh aok,…” Disensor KPI (aslilah, kata-kata itu tertanam dikepalaku, dan anak2 lain yang mengenal Facebook ‘n YouTube).

 

Sebenarnya masih banyak sih hobi lain-lain yang muncul di Jaman sekarang, especially tahun 2016 ini. Mungkin kalau ada yang tau hobi apa lagi, bisalah diceritakan dihalaman kalian masing-masing. Sekian dulu Selayang Pandang Politik Negeriku, semoga kita tetap bersaudara.

Kalau ada sumur diladang, boleh kita menumpang mandi.

Kalau ada umurku panjang boleh kita berjumpa lagi.

 

Downloads

  1. Human Anatomy – Kenneth S. Saladin (2008)
  2. CLINICAL Kinesiology Anatomy 5th Edition – Lynn S. Lippert (2011)
  3. TEXTBOOK OF PEDIATRIC RHEUMATOLOGY – James T. Cassidy (2011)
  4. Anatomy of hatha yoga – H David Coulter (2002)
  5. Color Atlas of Ultrasound Anatomy – Berthold, M.D. Block (2004)
  6. Focus on Nursing Pharmacology-Amy M. Karch (2011)
  7. Human BiologyHuman Anatomy 6th ed – Kent Van De GraaffFundamentals of Anatomy & Physiology, Third Edition – Donald C.Rizo (2010)
  8. PATHOPHYSIOLOGY OF DISEASE 2nd Edition (1997)
  9. Understanding Human Anatomy and Physiology 5th edition
  10. Understanding Human Anatomy and Physiology – Sylvia S. Mader
  11. Principles of Manual Medicine 3rd Edition – PHILIP E. GREENMAN (2003)
  12. Health Assessment in Nursing, Fourth Edition – Janet Weber (2010)
  13. Anatomy-Koseph Seppard (1975)
  14. The Handbook of Brain Theory and Neural Networks – Michael A. Arbib (2005)
  15. Contemporary Medical Acupuncture A Systems Approach – Guan-Yuan Jin (2007)
  16. CLINICAL Kinesiology Anatomy 5th Edition – Lynn S. Lippert (2011)

7 Pertanyaan Sederhana Yang Sulit Dijawab Ilmuwan

 

  • Lebih dulu mana ayam atau telur?
    Cukup mengejutkan, jawabannya adalah Ayam. Penjelasannya sebagai berikut:
    Seorang peneliti Inggris, Colin Freeman dari University of Sheffield, melakukan penelitian mengenai protein yang ditemukan pada cangkang telur yang disebut ovocledidin-17. Dengan menggunakan sebuah superkomputer bernama HECToR yang berlokasi di Edinburgh, Skotlandia, Mr. Colin dan timnya berhasil melakukan proses simulasi biomineralisasi yaitu proses pembentukan mineral atau organ solid di dalam mahluk hidup seperti yang dijelaskan pada tulisan ilmiahnya yang berjudul “Structural Control of Crystal Nuclei by an Eggshell Protein”. Dari situ diketahuilah bahwa protein ovocledidin-17 ternyata juga ditemukan pada sel ovarium ayam. Protein ovocledidin-17 berfungsi untuk mempercepat pembentukan cangkang telur sehingga dalam waktu 24 jam, telur akan siap dikeluarkan. Walapun bukan merupakan tujuan utama dari riset, hal ini memberi jawaban atas pertanyaan “Lebih dulu mana atau telur?”. Dan jawabannya adalah ayam, untuk alasan telur membutuhkan protein ovocledidin-17 yang terdapat di dalam ovarium ayam agar terbentuk.
  • Mengapa rambut memutih saat tua?
    Sekumpulan ilmuwan dari Bradford University, Inggris yang berkolaborasi dengan sejumlah ilmuwan Jerman berhasil menemukan jawaban atas proses pemutihan rambut. Pada sebuah penelitian di Mainz dan Luebeck, Jerman, diketahui semasa hidupnya tubuh manusia memroduksi apa yang dinamakanhydrogen peroxide (H2O2), suatu zat cair yang bersifat memutihkan. Saat seseorang menua, zat ini diproduksi semakin cepat dan banyak. Karena zat ini bersifat memutihkan, zat ini menahan warna pigmen natural rambut seseorang sehingga rambut akan tumbuh berwarna putih.
  • Ada apa di dalam isi bulan?
    Dengan menggunakan data-data yang dikirimkan oleh beberapa seismometer yang ditinggalkan di bulan pada misi Apollo hingga tahun 1977, seorang professor dan muridnya di School of Earth and Space Exploration pada ASU’s College of Liberal Arts and Sciences, Arizona State University bernama Ed Garnero dan Peiying (Patty) Lin, mengembangkan sebuah metode analisa bernama array processinguntuk mengetahui apa sebenarnya yang terdapat di dalam perut bulan.
    Dengan cara menumpuk-numpuk (layering) sinyal rekaman seismik dan mempelajarinya pada saat bersamaan, mereka mampu mengenali sebuah sinyal lemah yang sebelumnya tidak terdeteksi. Gema dari sinyal tersebut digunakan untuk memetakan apa yang ada di dalam perut bulan. Data yang mereka peroleh memberikan bukti bahwa sebagian besar isi perut bulan terdiri dari zat solid pada yang kaya mengandung besi pada inti bulan yang dibungkus zat besi cair di bagian yang lebih luar. Hal ini memberi kemiripan akan apa yang ada di perut bulan dengan apa yang ada di perut bumi, karena keduanya terbentuk dari campuran besi, nikel dan elemen-elemen ringan lain seperti belerang.
  • Mengapa jari menjadi keriput jika berendam terlalu lama?
    Sebuah pertanyaan yang belum pernah terjawab hingga baru-baru ini adalah mengapa jari-jari tangan menjadi keriput jika terlalu lama berendam di air dan mengapa kulit kita tidak hancur seperti tissue karena telah menyerap begitu banyak air. Ternyata terdapat penjelasan matematis di balik itu semua.
    Diketahui fiber dan keratin yang menyusun kulit manusia membentuk sebuah struktur yang disebutgyroids. Dengan jabaran matematis, struktur ini memungkinkan kulit merenggang sangat lebar hingga tujuh kali luas semula karena unsur fiber yang menyusun kulit saling terkoneksi dengan banyak unsur fiber lain di kulit. Saat kulit kita menjadi keriput, ia menyerap banyak air sehingga volume kulit meningkat menjadi lebih besar. Dan karena bagian tangan yang lain (seperti otot dan tulangnya) tidak ikut membesar, hal ini menyebabkan kulit menjadi berkeriput untuk menyesuaikan proporsi bentuknya dengan bagian tangan yang lain.
  • Bagaimana menggaruk menghilangkan rasa gatal?
    Penelitian baru-baru ini menemukan bahwa rasa gatal bukan diakibatkan oleh kulit itu sendiri, dan garukan juga bukanlah penghilang gatal yang sebenarnya. Melainkan, rasa gatal dan rasa nyaman yang ditimbulkan oleh garukan diatur oleh sekelompok neuron pada susunan syaraf tulang belakang. Berikut ini langkah-langkah yang dilakukan peneliti di University of Minnesota yang dipimpin olehGlenn Giesler terhadap seekor kera untuk mendapatkan fakta tersebut.
    1. Memberi bius ringan terhadap kera untuk menenangkannya.
    2. Memasang electro-nodes pada kera untuk mendeteksi aktifitas syaraf tulang belakangnya.
    3. Menyuntikkan histamine pada kaki kera untuk memberikan rasa gatal.
    4. Mengamati peningkatan aktifitas syaraf tulang belakang kera yang ditimbulkan.
    5. Menggaruk kaki kera, tetapi bukan pada tempat histamine disuntikkan.
    6. Mengamati penurunan aktifitas syaraf tulang belakang kera, dengan kata lain kera menjadi tenang walaupun tidak digaruk pada tempat rasa gatalnya.
    Hal ini memberi bukti bahwa garukan bekerja dengan memengaruhi syaraf tulang belakang untuk memberi efek nyaman, bukan pada tempat rasa gatal itu sendiri.
  • Bagaimana cara kucing minum?
    Selama ini manusia berpikir bahwa cara minum kucing dan anjing adalah sama, yaitu dengan cara“menyendok” air dengan lidahnya. Sebuah penelitian bersama Massachusetts Institute of Technologydengan Virginia Polytechnic Institute di Amerika Serikat, membuktikan kucing minum tidak dengan cara seperti itu.
    Beginilah cara kucing minum:

    Pertama-tama kucing akan menjulurkan lidah kecilnya ke dalam air, kemudian dengan gerakan kilat ia menariknya ke belakang yang mengakibatkan sejumlah air akan terlontar ke atas. Dan sebelum air tersebut turun kembali karena gaya gravitasi, kucing tersebut akan “menangkapnya”dengan mulutnya. Hal ini terjadi sedemikian cepatnya sehingga dalam satu detik kucing mampu mengulangi hal tersebut sampai 4 kali/tegukan.

  • Bagaimana gletser terbentuk?
    Selama bertahun-tahun lamanya, para ahli percaya bahwa gletser terbentuk dari atas ke bawah (top-down). Salju turun di atasnya dan menumpuk dan menekan gletser tenggelam masuk ke dalam air. Nyatanya gletser dapat terbentuk dari banyak cara, dan salah satunya memang dapat disebabkan oleh menumpuknya salju seperti keterangan di atas. Namun gletser juga dapat terbentuk dari bawah ke atas (bottom-up). Telah ditemukan bahwa air yang terdapat di bawah gletser dapat membeku atau mencair tergantung dari kondisi dan gesekan yang disebabkan lapisan es di atasnya. Air yang selalu berubah antara membeku dan mencair memengaruhi tidak hanya ketebalan gletser tapi juga bentuk gletser itu sendiri.
    Dengan ditemukannya fakta baru ini, runtuhlah pemahaman kita selama ini bahwa gletser terbentuk karena es yang mencair di atas permukaan sebuah gunung. Kenyataannya gletser dapat juga terbentuk karena adanya dorongan dari bawah akibat proses mencair/membeku-nya air di bawahnya yang membuat lapisan yang lebih atas menjadi tidak stabil dan longsor sebagian dalam bentuk aliran gletser yang menyerupai sungai.